≡ Menu

Fakta Menarik tentang Mendengkur dan Mimpi

Fakta Menarik tentang Mendengkur dan Mimpi – Mendengkur sangat mengganggu bagi orang yang tidur bersama dengan orang lain, ini terutama bagi pasangan yang sudah menikah. Ciri-ciri orang yang mendengkur, tangan dan kakinya biasanya bergerak-gerak saat tidur. Dalam beberapa kasus yang terjadi, mendengkur memang tidak membahayakan, tetapi pada kasus-kasus tertentu kebiasaan ini merupakan tanda gangguan obstructive sleep apnea, yang merupakan gangguan tidur ditandai dengan terhentinya napas seseorang pada saat tidur yang disebabkan oleh terjadinya penyempitan jalan napas secara berkala saat tidur.


Pada sleep apnea, kandungan oksigan berkurang sehingga mengganggu otak dan mengakibatkan terganggunya memori yaitu cepat lupa. Pusat emosi di otak rnengakibatkan lebih emosional, lebih mudah depresi, serta sering merasa sedih. Selain itu, kondisi tersebut juga menyebabkan tekanan darah menjadi naik, jantung membesar, dan lebih mudah terkena jantung koroner.

Penderita sleep apnea juga cenderung mengalami impotensi (42 persen masalah disfungsi pada lelaki disebabkan adanya gangguan tidur). Jadi, apabila mendengkur diketahui secara terus-menerus, jangan menyepelekan. Segeralah pergi ke dokter, mendengkur itu dapat diselesaikan dengan operasi kecil dan akhirnya mendengkur pun dapat disembuhkan. Tidak perlu malu untuk konsultasi ke dokter karena ini gangguan kesehatan yang harus ditangani dengan baik agar tidak menimbukan komplikasi yang lebih serius.

 Tidak Ingat Mimpi Berarti Tidak Sehat

Pandangan ini tentu sangat tidak sesuai. Semua orang pasti pernah bermimpi, ada orang yang ingat akan mimpinya ada yang juga tidak ingat. Mimpi bisa terjadi pada tahap tidur REM (Rapid Eye Movement), yaitu suatu kondisi di mana mata bergerak-gerak dengan cepat. Pada fase ini, seseorang  mungkin ingat mimpinya.

Sementara itu, pada fase tidur Non REM (kondisi mata seseorang tidak ingat atau tidak bisa menceritakan mimpinya). Pada saat tidur, ada orang yang sering bermimpi ada pula yang tidak. Orang yang sakit jiwa, misalnya sadistik  sering  tidak mengalami mimpi ini berarti jiwa seorang tidak dapat mengingat mimpinya, sebenarnya ada masalah dan bukan berarti tidak sehat. Kondisi ini merupakan hal yang normal dan biasa terjadi. Sekian artikel tentang Fakta Menarik tentang Mendengkur dan Mimpi. Semoga bermanfaat.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar