≡ Menu

Fakta Menarik tentang Cokelat

Fakta Menarik tentang Cokelat

Fakta Menarik tentang Cokelat

Fakta Menarik tentang Cokelat – Cokelat banyak mengandung beberapa jenis zat alkaloid seperti fenetilamina, teobromin, dan zat anandamida, yang sedikit berhubungan dengan tingkat dalam serotonin ke otak, yang dapat memicu perasaan nyaman dalam diri seseorang.

Kandungan paling besar di dalam cokelat ialah teobromin, yang juga dapat menstimulasi jaringan saraf dan organ jantung, sehingga akan membuat seseorang dapat tetap selalu terjaga dan bersemangat. Efek lain yang juga bisa didapat dari kafein pada kopi ataupun teh. Khasiat lainnya dari teobromin ialah untuk meredakan penyakit batuk.

Selain dari zat-zat di atas tersebut, penganan yang kini telah muncul dalam berbagai rasa ini juga banyak mengandung phenylethylamine yang berfungsi membantu dalam penyerapan otak dan menghasilkan dopamine yang akan menciptakan perasaan senang, meningkatkan rasa tertarik, dan dapat juga  menumbuhkan perasaan jatuh cinta. Mungkin ini ialah salah satu alasan kenapa cokelat sering sekali dipakai sebagai icon tanda cinta.

Kandungan antioksidannya juga membuat cokelat menjadi salah satu minuman kesehatan yang sangat di favoritkan, apalagi besarnya sebuah kandungan antioksidan yang ada ternyata 3 x lebih banyak dari sebuah teh hijau, minuman yang sering sekali dianggap sebagai sumber antioksidan. Fenol ternyata sudah mampu mengurangi kolesterol darah sehingga dapat memperkecil risiko terkena penyakit serangan jantung. Zat ini juga sangat berguna untuk mencegah timbulnya penyakit kanker, stroke, dan juga darah tinggi. Kandungan lemak dalam cokelat memiliki kualitas tinggi juga terbukti bebas kolesterol dan tak menyumbat pembuluh darah.

Cokelat mengandung beberapa vitamin yang berfungsi bagi tubuh seperti jenis vitamin A, B1, C, D, dan E. Selain itu pula, cokelat juga mengandung beragam mineral penting untuk tubuh manusia seperti zat besi, kalium, dan kalsium. Kakao itu sendiri merupakan sumber magnesium alami paling tinggi. Seseorang yang juga kekurangan magnesium dapat menderita hipertensi, penyakit jantung, sakit persendian, dan masalah bulanan bagi wanita yaitu pra menstruasi. Dengan mengkonsumsi cokelat maka asupan magnesium bisa meningkat sehingga kadar dalam progesteron pada wanita pun akan ikut naik. Hal ini pula yang akan mengurangi efek negatif dari PMS.

Jadinya, jika ada begitu banyak manfaat baik dari sebuah cokelat, maka pada hari raya Valentine ini pastinya kita tak perlu takut lagi untuk mengkonsumsi cokelat bukan ? akan tetapi, ingat, hanya secukupnya saja yah !

Nah, jadi sekarang sudah tau kan apa saja Fakta Menarik tentang Cokelat 🙂 Semoga artikel ini bermanfaat.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar