≡ Menu

Cara Praktis Bebas dari Insomnia

Cara Praktis Bebas dari Insomnia – Ada cara-cara praktis yang dapat dilakukan untuk membebaskan diri dari insomnia. Cara-cara ini dapat dilakukan oleh siapa saja yang sering mengalami insomnia secara temprorer pada waktu-waktu tertentu. Jadi cara-cara ini tidak berlaku pada orang yang sudah menderita insomnia akut.


Berikut adalah uraiannya:

  • Apabila terserang insomnia, sebaiknya mengkomsumsi buah anggur. Kulit buah anggur mengandung melatonin, yaitu sejenis hormone yang dapat membuat seseorang merasa mengantuk
  • Sebelum tidur lakukan gerakan ringan sebanyak beberapa kali untuk melemaskan otot-otot agar lebih rileks. Apabila kita merasa terlalu lelah, sebaiknya berdirilah beberapa saat. Posisikan tubuh dengan tegak kemudian tarik napas  dalam sambil mengangkat lengan keatas. Selain itu, hembuskan napas dengan perlahan sambil membungkukkan badan hingga kedua tangan menyentuh lantai. Setelah itu,  kembali tarik napas dan lepaskan. Kembalilah keposisi berdiri dan ulangi kegiatan ini beberapa kali. Badan akan terasa lebih ringan.
  • Jangan selalu memikirkan hal-hal yang negative dalam hidup. Apabila masih memiliki kekesalan atau kejengkelan, lepaskanlah dan bebaskanlah diri kita dari semua masalah. Terbukalah terhadap segala sesuatu agar kita tidak stress. Biasakan untuk mengenali perasaan diri. Apabila perasaan cenderung tidak enak, cari cara yang paling nyaman untuk mengubahnya menjadi enak.
  • Bayangkan sesuatu yang indah atau menyenangkan yang pernah terjadi dalam hidup kita sehingga kita merasa sangat nyaman dan tanpa sadar akan terlelap. Saat kita membayangkan sesuatu yang indah dan menyenangkan, tubuh kita akan mengeluarkan hormon-hormon yang bersifat positif yang dapat menenangkan, memperbarui kemudaan kita dan member tenaga lebih banyak untuk memperbaiki kesehatan secara umum.
  • Aktivitas ringan seperti membaca, mendengar lagu, membaca sangat diperbolehkan asal tidak membebani pikiran kita. Ada sekelompok orang yang memang harus memulai kegiatan tidurnya dengan sesuatu yang ringan. Sifatnya untuk merilekskan badan dan pikiran sehingga mudah terlelap.
  • Apabila masih belum bisa tidur karena banyak pikiran, cobalah menuliskan kecemasan-kecemasan tersebut dalam diary atau jurnal pribadi. Sekarang  ada banyak blog dan fasilitas jejaring sosial yang dapat kita manfaatkan sebagai diary pribadi. Namun hati-hatilah apabila curhat dijejaring sosial ataupun blog yang dapat diakses oleh setiap orang. Sering kali kita hanya berniat curhat tapi malah menimbulkan boomerang dan menambah masalah bagi kita. Yang paling aman memang menuliskannya dijurnal pribadi kita akan lebih tenang dan bisa lebih mudah diatur.
  • Berdoa dan beribadah sesuai dengan ajaran masing-masing. Rasa kedekatan dengan tuhan akan membantu kita menghilangkan segala kecemasan. Dengan demikian, kita merasa terlindungi, aman dan pasrah. Kondisi seperti itu akan membuat kita mudah tertidur dengan lelap.

Apabila cara praktis bebas dari insomnia yang diuraikan diatas tidak cukup mempan mengatasi insomnia saatnya harus cepat-cepat pergi kedokter. Insomnia yang terjadi bisa jadi bukan sekedar gangguan tidur biasa, tetapi sebagai efek samping dari adanya penyakit-penyakit lainnya yang harus segera ditangani.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar