Cara Mencegah Pertumbuhan Jerawat

Cara Mencegah Jerawat di Wajah / Badan dengan Alami, Mudah dan Efektif

Mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Pepatah kesehatan ini memang benar karena mengobati biasanya membutuhkan lebih banyak biaya, waktu dan perawatan, sehingga tindakan pencegahan lebih baik dilakukan untuk menghindari berbagai macam gangguan kesehatan.

Kesehatan kulit, khususnya kulit wajah sangat begitu penting karena sangat berpengaruh terhadap penampilan dan pergaulan. Tumbuhnya jerawat sangatlah mengganggu baik bagi orang dewasa dan remaja yang sedang mengalami masa pubertas. Meskipun jerawat itu sudah hilang tetapi meninggalkan bekas jerawat yang menggangu penampilan Anda.

Jadi, daripada mengobati bekas jerawat atau jerawat yang muncul di wajah atau badan kita, sebaiknya kita mencegah agar jerawat tidak tumbuh di wajah atau badan kita.

Berikut adalah tips mencegah tumbuhnya jerawat

Jangan terlalu sering menyentuh kulit muka
Jika kulit Anda sensitif dan sering tumbuh jerawat, kemungkinan besar Anda cenderung sering menyentuh kulit wajah saat tangan Anda tidak bersih. Hindari tindakan tersebut karena kita tidak pernah tahu bakteri apa yang menempel di tangan sehingga menyebabkan tumbuhnya jerawat di wajah. Jika di wajah sudah tumbuh jerawat, usahakan untuk tidak memecahkan atau memencet jerawat tersebut karena dapat menyebabkan jerawat tumbuh lebih banyak atau bahkan iritasi kulit.

Membersihkan kulit wajah secara teratur
Mencuci muka dan membersihkan wajah dengan teratur dapat mencegah tumbuhnya jerawat karena kotoran, debu atau bakteri tidak menempel pada kulit wajah. Terutama pada wanita yang menggunakan make-up, usahakan tidak ada sisa make-up yang menempel pada wajah sebelum tidur. Gunakan sabun atau produk pembersih wajah yang memiliki moisturizer & pH netral yang cocok untuk kulit wajah Anda sehingga kulit tetap lembab dan tidak kering.

Berolahraga secara teratur
Pada masa pubertas yang dialami oleh remaja, berolahraga dapat menstabilkan hormon di tubuh yang ternyata dapat menimbulkan jerawat. Kegiatan olahraga juga dapat membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat kotoran yang menjadi penyebab utama tumbuhnya jerawat.

Rambut yang bersih
Jika Anda memiliki rambut panjang dan menyukai gaya rambut poni, usahakan rambut selalu bersih agar kulit terhindar dari tumbuhnya jerawat yang ditimbulkan oleh kotoran yang menempel di rambut. Hindari penggunaan gel atau minyak rambut yang berlebihan karena dapat menutupi pori-pori wajah karena sifatnya yang berminyak yang dapat memicu menempelya kotoran dan debu pada wajah.

Kenali jenis kulit Anda
Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda sehingga perawatannya pun berbeda. Konsultasikan dengan dokter kulit atau pakar kecantikan untuk mengetahui jenis kulit Anda. Kenali jenis kulit Anda untuk menentukan perawatan dan produk perawatan kulit apa yang cocok dengan kondisi kulit Anda.

Pola makan yang sehat
Mencegah tumbuhnya jerawat juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, asupan gizi dan vitamin yang cukup untuk tubuh Anda dapat menstabilkan kondisi hormon dan kondisi kesehatan kulit. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur agar kesehatan kulit Anda terjaga. Hindari mengkonsumsi fastfood atau makanan cepat saji seperti gorengan, atau makanan yang mengandung minyak berlebih.

Sekian Cara mencegah jerawat di muka / badan dengan alami, mudah dan efektif. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *