≡ Menu

Beberapa Larangan saat Anda Terkena Jerawat

Jika pada artikel sebelumnya kita membahas tentang tips menghilangkan bekas jerawat dan cara mencegah pertumbuhan jerawat. Kali ini kita akan membahas hal-hal apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan pada saat Anda terkena jerawat atau jerawat sedang tumbuh di wajah Anda.

Sebelum itu sebaiknya Anda juga mengetahui jenis jerawat apa yang tumbuh pada wajah Anda, apakah jerawat Conglobata, Vulgaris, Fulminans, Whiteheads, Papula, Rosacea, Pustula, Nodul ataupun komedo.

Pada dasarnya untuk menyembuhkan dan mencegah jerawat dikulit adalah sama, yaitu perawatan kulit dengan tepat. Namun terkadang pada saat terkena gangguan jerawat kita terlalu menganggap remeh. Padahal selain harus diobati untuk menyamarkan bekas jerawat atau untuk menghindari tumbuhnya jerawat semakin menyebar atau memperparah rusaknya kulit Anda. Berikut beberapa larangan dan hal yang harus dihindari.

Beberapa Larangan saat Anda terkena jerawat

1. Menggunakan Antibiotik
Antibiotik jenis tetracycline dipercaya dapat memperburuk kondisi jerawat dan juga dapat merusak sistem imun tubuh Anda dalam jangka panjang karena antibiotik ini selain membunuh bakteri jahat dalam tubuh Anda, tetracycline juga menghancurkan bakteri baik di tubuh anda seperti bakteri probiotik acidophilus yang memiliki fungsi penting untuk pembentukan kulit yang sehat.

2. Menggunakan steroid topikal
Kandungan cortisone pada produk maupun krim steroid topical dapat membuat semakin parah jerawat Anda dan juga dapat membuat lapisan kulit menjadi lebih tipis serta apabila digunakan dalam jangka panjang efek penggunaanya dapat membuat iritasi, peradangan, gatal-gatal, kemerahan, dan berbagai efek samping lainnya.

3. Hindari Asap Rokok
Merokok menyebabkan kontraksi di bagian kapiler kecil dan pembuluh darah kulit dan pori-pori kulit yang tersumbat akibat asap rokok dapat menyebabkan terhambatnya oksigen masuk kedalam jaringan kulit sehingga pembentukan dan pertumbuhan sel-sel kulit terhambat dan dapat menyebabkan penuaan dini. Selain itu asap rokok dapat menyebabkan kanker paru-paru, dan penyakit jantung.

4. Jangan menyentuh, memencet dan memecahkan jerawat
Anda mungkin cenderung sering menyentuh kulit wajah saat tangan Anda tidak bersih. Tindakan menyentuh, memencet, dan memecahkan jerawat di kulit terlalu sering dapat memperparah kondisi jerawat, membuat pertumbuhan jerawat semakin menyebar, menyebabkan noda dan bekas luka jerawat di kulit.

5. Tidak mencukur dengan silet berpisau ganda
Bagi Anda (pria) yang terbiasa mencukur kumis atau jambang. Hindari penggunaan silet / pisau cukur ganda terutama jika Anda memiliki jerawat atau bekas luka, karena dapat menyebabkan kerusakan jaringan kulit dan iritasi yang disebabkan bagian pisau / silet yang menempel pada kulit anda lebih sering sehingga membuat kulit anda terkikis meskipun sangat tipis. Gunakan silet / pisau cukur tunggal agar lebih aman.

Itulah beberapa hal yang harus Anda hindari pada saat Anda memiliki jerawat pada kulit / wajah Anda. Sering-seringlah untuk mencuci wajah Anda dan selalu gunakan produk yang sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda. Semoga bermanfaat

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar