≡ Menu
Catatan Kecil

3 Tips Perawatan Mesin Cuci Top Loading dan Front Loading

in pengetahuan, tips

3 Tips Perawatan Mesin Cuci Top Loading dan Front Loading – Secara teknis masalah pada mesin cuci datang pada waktu yang tidak tepat, yang paling membuat anda makin galau adalah pada saat mesin cuci  bekerja dengan lambat dan kemudian berhenti pada saat pencucian berlangsung, dengan begitu cucian anda tergenang dan tentunya menimbulkan aroma yang tidak sedap dari cucian anda.

Beberapa masalah pada mesin cuci sebetulnya ada banyak yang dapat anda lakukan dengan meluangkan waktu beberapa menit setiap bulannya untuk memeriksa kerusakan pada mesin cuci, perawatan ini cukup sederhana untuk mesin cuci terbebas dari masalah.

Beri tanda pada kalender anda dan mulai melakukan pemeliharaan, pemeriksaan sederhana pada mesin cuci anda secara berkala, berikut 3 tips perawatan mesin cuci top loading dan front loading.

1. Letakkan mesin cuci pada lantai yang rata dan kering atau menggunakan ambalan khusus untuk mesin cuci agar bagian dalam mesin cuci tidak terjadi kelembapan.

2. Pada bagian belakang mesin cuci, anda bisa cek satu persatu pada bagian seperti stop kontak, selang pembuangan air kotor,  cek pada bagian selang masuknya air sampai ke jetpam (jika ada), cek pula pada bagian filter didalam mesin cuci dan  apakah bagian tersebut bersih, aman dan tepat pada posisinya, kemudian berikan penanganan pada bagian yang basah atau terdapat kebocoran.

3. Mesin cuci masa kini memiliki opsi membersihkan tabung/drum pencucian secara  automatis (tube clean), ini memudahkan anda dalam membersihkan bagian dalam tabung/drum pencucian, hal ini bertujuan untuk menghilangkan bau dan jamur pada tabung/drum, namun jika mesin cuci anda tidak memiliki opsi tersebut tentu anda bisa membuat beberapa langkah tambahan bahan seperti menuangkan satu cangkir cuka dan satu cangkir baking soda dan air panas kedalam mesin cuci, kemudian jalankan mesin cuci tersebut selama 15 menit pencucian kosong (tanpa ada pakaian), setelah itu, biarkan pintu mesin cuci terbuka hingga tabung/drum mesin cuci benar benar kering.

Tips ini sederhana dan efektif untuk kedua mesin cuci seperti top loading dan front loading anda awet. Pastikan untuk mengikuti buku panduan untuk ukuran beban dan deterjen. Demikian 3 tips perawatan mesin cuci top loading dan front loading dan semoga bermanfaat.

0 comments… add one

Leave a Comment