≡ Menu
Catatan Kecil

Ketahui 5 Masalah Kesehatan Gigi pada Anak-anak

in kesehatan, tips

Masalah kesehatan gigi tidak hanya menimpa orang dewasa saja, tetapi juga pada anak-anak.  Terutama kepada anak-anak yang hobi makan makanan yang manis dan mengandung gula. Seperti permen dan coklat.

Sebelum mengetahui masalah kesehatan gigi pada anak-anak, ada baiknya Kita mengetahui pertumbuhan gigi anak-anak.

Gigi susu atau gigi pertama akan tumbuh saat bayi berusia 7 bulan, dan akan lengkap berjumlah 20 buah pada umur 2 tahun.

Gigi tetap pertama tumbuh saat umur 6 tahun (gigi seri depan & gigi geraham, belakang gigi susu). Gigi susu umur 6 sampai 12 tahun berguna untuk menuntun tumbuhnya gigi tetap sebelum gigi susu tanggal secara alami. Umumnya pada usia 14 tahun gigi tetap lengkap berjumlah 32 buah (8 gigi seri, 4 taring, 8 geraham kecil, 12 geraham besar), kadang-kadang geraham ketiga belakang tumbuh sampai umurmu 21 tahun. Setelah tumbuh gigi tetap apabila terjadi gigi tanggal atau putus maka tidak akan tumbuh kembali dan harus diganti dengan gigi palsu.

Lalu, apa saja masalah kesehatan gigi yang biasa menimpa anak-anak?

1. Debris
Debris adalah sisa makanan yang menempel pada gigi, terutama makanan manis dan lengket seperti permen, cokelat, gulali, dodol, dll. Sisa makanan yang tidak segera dibersihkan dengan menggosok gigi itu akan jadi debris yang menjadi penyebab utama gigi berlubang dan radang gusi.

2. Plak
Jika debris sisa makanan sisa yang menempel pada gigi, lalu apa bedanya dengan plak? Plak juga merupakan sisa makanan yang menempel pada gigi namun plak lebih halus dan tidak begitu terlihat pada permukaan gigi. Biasanya plak mengandung banyak kuman, sehingga plak bisa menjadi masalah kesehatan gigi seperti gigi berlubang, karang gigi, radang gusi, dan bau mulut serta gigi kuning.

3. Karies Gigi (gigi berlubang)
Karies gigi atau gigi berlubang disebabkan karena ada kerusakan pada lapisan luar gigi (email) yang disebabkan kuman dan sisa makanan menempel lama. Karies gigi adalah masalah kesehatan gigi yang umumnya dialami oleh remaja, tetapi anak-anak juga mengalaminya karena malas menggosok gigi.

4. Karang gigi
Masalah kesehatan gigi yang sering terjadi pada anak-anak berikutnya yaitu karang gigi. Karang gigi adalah malasah kesehatan gigi yaitu berupa plak yang dibiarkan terlalu lama, plak akan mengeras dan menempel di permukaan gigi dan tidak pernah dibersihkan akan mengumpul seperti batu karang. Karang gigi juga dapat menyebabkan gigi berlubang, radang gusi, dan bau mulut.

5. Radang gusi (penyakit penyangga gigi)
Radang gusi disebabkan oleh kekurangan vitamin C. Radang gusi juga dapat menyebabkan sariawan dan membuat gigi terasa ngilu dan sakit.

Itulah beberapa masalah kesehatan gigi yang sering diderita oleh anak-anak. Menjaga kebersihan dan kesehatan gigi (terutama pada anak-anak) yaitu dengan membiasakan untuk teratur menggosok gigi sehabis makan dan sebelum tidur adalah cara terbaik untuk menghindari masalah kesehatan gigi.

Tips lainnya adalah dengan menjaga pola makan dan memilih makanan yang sehat dan bergizi. Dan yang terakhir adalah memeriksakan gigi minimal dua kali dalam satu tahun untuk menjaga kesehatan gigi. Semoga bermanfaat.

0 comments… add one

Leave a Comment