≡ Menu
Catatan Kecil

Apa Sih Ekstrovert?!

in Motivasi

Ekstrovert adalah salah satu kepribadian atau sifat pribadi manusia yang lebih cenderung berorientasi kepada lingkungan. Sifat yang paling menonjol dari seorang ekstrovert adalah ia akan sangat sering terlihat dikeramaian, atau dalam arti sempitnya seorang ekstrovert adalah orang yang senang berpergian, berpesta, bertemu banyak orang dan ingin selalu jadi pusat perhatian.

Ciri-ciri Ekstrovert

1. Sangat senang berada di tengah keramaian.
Bagi seseorang yang memiliki kepribadian ekstrovert, ia merasa energinya akan terkumpul ketika berbicara dan berinteraksi dengan banyak orang. Ketika sedang berada di keramaian, Ia seolah-olah sedang mengisi tenaganya (charging) dan menguatkan moodnya. Oleh sebab itu, ia akan cenderung memilih untuk berinteraksi dengan banyak temannya, nonton, pergi ke mall, atau jalan-jalan yang penting berada di keramaian pada saat mengalami stress atau “bad day”.

Karena sangat “hidup” di keramaian, orang ekstrovert sangat tidak nyaman dengan suasana sepi. Suasana sepi bagi mereka akan membuatnya stress dan tertekan.

2. Mudah bergaul dan memiliki percaya diri yang tinggi
Orang ekstrovert sangat malas untuk berdiam diri menunggu, ia akan dengan mudahnya memulai pembicaraan dengan siapapun yang ada disekitarnya. Hal itu karena orang ekstrovert sangat percaya diri.

Sikap percaya diri tersebut membuatnya dapat mengontrol suasana lingkungan dan mencairkan suasana. Dan hal itu juga membuat seorang ekstrovert menjadi pusat perhatian.

3. Suka mencoba hal yang baru dan suka dipuji
Bagi mereka, kegiatan yang bersifat rutinitas tidak membuat dirinya berkembang dan maju, oleh sebab itu ia akan sering mencoba hal-hal yang baru seperti berjalan-jalan ke luar kota atau berwisata. Baginya tidak masalah menyesal saat melakukan kesalahan daripada menyesal tidak melakukan apa-apa.

Pujian dan apresiasi atas hal yang dilakukan orang ekstrovert adalah hal yang sangat membuatnya semakin bersemangat. Sehingga apapun yang dilakukan oleh orang yang berkepribadian ini, sebaiknya Kita menghargainya dengan memberikan pujian walaupun itu merupakan hal yang biasa-biasa saja.

4. Menjalin hubungan yang serius dalam hal percintaan
Dalam hal percintaan, seorang ekstrovert sangat mudah untuk memilih. Karena Ia mudah untuk berkenalan dengan lawan jenis, meminta nomor telepon, dan mengajak lawan jenis untuk bertemu dan melakukan pendekatan.

Namun apabila sudah ke tahap mengajak kencan atau pacaran, biasanya mereka memiliki kesulitan karena orang dengan kepribadian ini cenderung sulit untuk membina hubungan personal yang lebih dalam dengan seseorang.

Itulah beberapa ciri kepribadian ekstrovert yang dapat Anda ketahui. Apakah Anda Ekstrovert?!

0 comments… add one

Leave a Comment