≡ Menu
Catatan Kecil

Menjaga Kesehatan Rambut Sesuai Jenis Rambut

in kecantikan

Menjaga kesehatan rambut adalah hal yang penting karena rambut adalah bagian dari penampilan seseorang yang cukup dominan. Bahkan Kita sering mendengar bahwa “rambut adalah mahkota seorang wanita” sehingga rambut sangat harus diperhatikan kesehatan dan kebersihannya.


Namun, banyak sekali wanita maupun pria yang salah memilih produk untuk menjaga kesehatan rambut untuk mereka sehingga bukannya kesehatan rambut yang didapat, malah rambut menjadi kusam dan rusak. Anda juga dapat menggunakan bahan alami seperti teh atau jeruk nipis untuk menjaga kesehatan rambut Anda.

Berikut ini CatatanKecil.com berikan informasi menarik yang dapat Anda gunakan untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui jenis rambut Anda agar mendapatkan hasil maksimal untuk menjaga kesehatan rambut Anda.

Menjaga kesehatan rambut berdasarkan jenis rambut Anda 

1. Rambut lurus dan normal
Menjaga kesehatan rambut dengan tipe rambut seperti ini cukup mudah karena agar terlihat lebih cantik dan menawan, hanya membutuhkan volume tanpa membuatnya terlihat terlalu mengembang. Kebanyakan tipe rambut lurus jatuh dan normal seringkali tipis sehingga diperlukan shampo dengan kondisioner yang berfungsi membersihkan dan menebalkan rambut. (baca juga tips meluruskan rambut secara alami)

Untuk penataan rambut, gunakan produk hair protecting spray dari bagian tengah hingga ujung rambut. Lalu kombinasikan menggunakan mousse untuk mengontrol hasil penataannya. Nunzio Saviano, salah seorang penata rambut ternama Hollywood menyarankan bagi yang memiliki rambut lurus dan normal untuk menggunakan dry shampoo untuk memberi tekstur dan memberi efek volume rambut tapi tetap rapi. Ia juga menyarankan agar menghindari penggunaan serum atau silikon rambut yang akan membuat rambut lebih berminyak.

2. Rambut bergelombang
Untuk menjaga kesehatan rambut dengan tipe rambut yang bergelombang membutuhkan ekstrak pengontrol pouf dan anti-frizz. Untuk jenis rambut ini, sebaiknya Anda tidak menggunakan shampo yang terlalu banyak. Gunakan shampo dan kondisiner anti-frizz dengan porsi yang seimbang serta Anda juga menggunakan produk penataan rambut yang mengandung minyak alami.

Penggunaan produk yang mengandung minyak alami bertujuan agar penampilan rambut tidak terkesan tipis dan lepek. Gunakan salt spray untuk penataan rambut bergelombang. Hindari penggunaan gel atau krim yang dapat membuat rambut menjadi kering dan susah diatur. Selain itu, produk pomades yang terlalu licin juga tidak dianjurkan bagi tipe rambut bergelombang.

3. Rambut keriting
Biasanya, rambut keriting memiliki masalah utama yaitu kondisi  rambut yang kering dan kusut. Untuk menjaga kesehatan rambut keriting, hindari penggunaan alat pengering atau penataan rambut yang berlebihan serta sebisa mungkin hindari terkena sinar matahari langsung yang terus menerus karena akan memperburuk kondisinya.

Untuk menjaga kesehatan rambut keriting, gunakan shampo yang bebas sulfat yang akan memberikan efek lembab pada rambut Anda. Gunakan juga kondisioner yang mengandung silikon dan panthenol karena dapat meningkatkan kelembapan alami rambut.

Untuk rambut keriting, hindari penggunaan hair spray karena dapat membuat rambut keriting susah untuk ditata dan membuatnya kering. Gunakan sisir untuk mengeringkan dan meluruskan rambut agar kesehatan rambut terjaga. (baca juga kesalahan saat mencatok rambut)

4. Rambut tebal dan kaku
Untuk rambut tebal dan kaku, menjaga kesehatan rambut ini cukup mudah karena jenis rambut tebal dan kaku mudah ditata dan dibentuk sesuai keinginan Anda.

Perawatan jenis rambut ini dapat menggunakan produk penata rambut seperti serum bertekstur minyak atau krim. Selain itu, untuk jenis rambut ini dapat menggunakan produk smoothing cream, styling oil dan shine spray.

5. Rambut susah diatur dan menggulung

Tipe rambut susah diatur dan menggulung butuh perawatan ekstra. Untuk menjaga kesehatan rambut jenis ini dapat menggunakan produk shampo yang memiliki kandungan bahan kondisioner yang aktif melembutkan dan menghaluskan rambut. Selain itu, hindari penggunaan dry shampo karena dapat membuat rambut terlihat kering dan kusam.

Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan rambut sesuai dengan jenis rambut Anda. Semoga bermanfaat.

0 comments… add one

Leave a Comment