≡ Menu
Catatan Kecil

Menjaga Kesehatan Gigi Anak

in kesehatan

Kesehatan gigi anak adalah salah satu hal yang wajib Kita perhatikan. Pada umumnya anak-anak memang memiliki masalah gigi, seperti karang gigi, gigi berlubang atau gigi yang hitam. Mayoritas orang tua membiarkan hal itu terjadi karena beranggapan nantinya akan tumbuh gigi kembali, namun hal itu adalah hal yang salah dan keliru, karena saat gigi anak Kita rusak, anak pun merasakan sakit gigi yang cukup menyiksa sehingga Kita sebagai orang tua wajib untuk menjaga kesehatan gigi anak Kita.


Kerusakan gigi pada saat anak-anak akan berdampak pada saat Ia dewasa nanti. Pertumbuhan gigi menjadi tidak sempurna dan bentuknya tidak rapih. Sehingga akan menyebabkan rasa kurang percaya diri dengan penampilannya.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh sebab itu, Kita sebagai orang tua wajib untuk mengajarkan kepada anak-anak Kita untuk menjaga kesehatan gigi anak, sehingga anak mempunyai kebiasaan sehat untuk merawat dan menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut.

Beberapa Tips untuk Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Cara yang pertama yang dapat kita lakukan untuk menjaga dan merawat kesehatan gigi anak adalah dengan mengenalkan pentingnya perawatan gigi sejak usia dini, yaitu sejak anak memiliki gigi untuk pertama kali. Sebagai orang tua, Kita dapat mengajarkan kepada anak-anak Kita untuk membiasakan membersihkan gigi mereka dengan baik dan benar setidaknya 2 kali sehari.

Saat anak telah memiliki beberapa gigi, Kita dapat memulai mengenalkan anak Kita untuk merawat giginya dengan menggunakan kain kasa untuk membersihkan gigi mereka. Setelah tumbuh gigi-gigi berikutnya, Kita dapat mengajarkan mereka menggunakan sikat gigi. Pilihlah sikat gigi dengan bulu halus dan kepala sikat yang kecil sesuai dengan ukuran mulut anak. Biarkan anak memilih bentuk sikat gigi sesuai dengan keinginan mereka dan juga pasta gigi yang diinginkan oleh anak Kita, agar kegiatan menyikat gigi menjadi kegiatan yang menyenangkan sehingga menjadi kebiasaan anak Kita untuk menjaga kesehatan gigi anak.

Cara berikutnya untuk menjaga kesehatan gigi anak adalah dengan mengurangi penggunaan botol susu dan empeng bayi, terutama saat anak Kita akan tidur karena sisa-sisa susu yang menempel pada gigi dan gusi anak akan menyebabkan bakteri tumbuh dan merusak gigi. Selain itu bentuk gigi akan tetap terjaga karena tidak terhambat oleh karet empeng bayi atau dot botol susu.

Langkah terakhir untuk menjaga kesehatan gigi anak adalah dengan mengurangi jumlah makanan dan minuman manis, termasuk obat sirup pada anak. Namun, jika hal tersebut tidak dapat dihindarkan, kita dapat memberikan mereka minum air mineral yang lebih banyak dan mengajarkan mereka berkumur setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis untuk menetralisir mulut dan gigi mereka dari sisa-sisa makanan dan minuman tadi.

Demikianlah beberapa tips untuk menjaga dan merawat kesehatan gigi anak Kita, semoga bermanfaat dan anak Kita dapat membiasakan diri untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Untuk Anda yang dewasa, baca juga tips memutihkan gigi agar penampilan dan percaya diri Anda meningkat.

0 comments… add one

Leave a Comment