≡ Menu

5 Mengalahkan Diri Sendiri, Pasti Bisa!

Mengalahkan diri sendiri atau melampaui mental block yang dibangun oleh diri sendiri memang cukup sulit untuk dilakukan. Terbukti banyak sekali orang yang sebenarnya diberi kemampuan yang luar biasa namun tidak menjadi apa-apa atau siapa-siapa karena merasa dirinya tidak mampu.


Sangatlah benar apa yang disampaikan pepatah berikut ini “musuh terbesarmu bukanlah yang terkuat, bukanlah yang paling pintar, bukan yang mampu mengalahkan ratusan orang, tetapi musuh terbesarmu adalah dirimu sendiri”. Bahkan bagi seorang muslim, jihad atau pertarungan yang terbesar adalah melawan nafsu diri sendiri.

Karena yang dilawan adalah diri sendiri, maka sering kali Kita memberikan maklum dan pemaafan yang tidak seharusnya. Seperti contoh, saat Kita menganggap biasa kesalahan yang seharusnya tidak dilakukan, maka terus menerus Kita akan merasa hal tersebut bukanlah suatu kesalahan. Merokok misalnya, awalnya para pecandu rokok tidak dapat mengalahkan diri sendiri untuk tidak merokok. “Sesekali bolehlah!” atau “Daripada jenuh dan pusing”, dan bermacam alasan lainnya yang pada akhirnya dimaklum dan menjadi kebiasaan.

Lalu, bagaimana caranya agar Kita dapat mengalahkan diri sendiri?

1. Yakin bahwa Kita Bisa

Jika pada awalnya Kita ragu dengan kemampuan Kita, maka sampai kapan pun Kita tidak dapat mengalahkan diri sendiri. Jika Kita hanya berfokus pada kekurangan-kekurangan yang Kita miliki, maka kelebihan Kita tidak akan pernah bisa terasah dengan maksimal dan potensi luar biasa yang Kita miliki tidak akan pernah keluar.

2. Selalu Bergerak

Seperti halnya Kita sedang menaiki sepeda, Kita harus terus mengayuh agar tetap seimbang dan berjalan. Bagitupun untuk mengalahkan diri sendiri. Kita harus terus bergerak dan memaksakan diri Kita untuk berusaha lebih keras. Konsisten dan disiplin terhadap diri sendiri adalah kunci perubahan Kita.

3. Berani Mencoba

Bayangkan jika Thomas Alfa Edison tidak berani mencoba untuk terus mencari cara agar lampunya bisa menyala, atau bagaimana jika Kolonel Sander berhenti membuat resep ayam goreng dan menyerah saat resepnya ditolak ratusan restoran. Mungkin hari ini Kita belum menikmati lampu, mungkin hari ini Kita belum menikmati gurihnya ayam goreng ala KFC.

Ketika mencoba untuk mengalahkan diri sendiri, akan selalu ada ocehan dari sekitar yang menginginkan Kita gagal. Tapi lihat, kegagalan yang disikapi dengan terus mencoba akan menghasilkan sesuatu yang istimewa.

“Mencoba sesuatu akan medapatkan dua kemungkinan, gagal atau sukses. Kita mungkin menyesal apabila percobaan itu gagal. Namun, akan lebih menyesal lagi apabila kita tidak berani mencoba atau tidak melakukan apa-apa”

4. Bunuh Rasa Malas

Malas adalah penyakit yang sangat berbahaya bagi siapapun. Untuk mengalahkan diri sendiri dari penyakit malas, satu-satunya cara adalah dengan membunuh rasa malas itu sendiri. Cara yang paling sederhana untuk melawan rasa malas adalah berada di lingkungan yang membuat Kita tidak nyaman. Karena dengan begitu Kita akan berusaha membuat lingkungan Kita menjadi nyaman.

Keluar dari zona nyaman Kita memang cukup sulit, tapi untuk menjadi pribadi yang baru, yang lebih bersemangat, dan lebih kuat. Kita harus keluar dari zona nyaman itu sendiri.

5. Berdoa

Dalam ajaran agama apa pun, ajaran kepercayaan apa pun, Kita diajarkan untuk berdoa. Meminta agar diberikan kekuatan lebih untuk menghadapi segala tantangan hidup. Terlebih Kita akan mengalahkan diri sendiri yang merupakan musuh terhebat dan terkuat. Maka berdoalah kepada Tuhan agar diberikan keteguhan hati, dan keyakinan yang kuat untuk menjadi lebih baik.

Yang terpenting dari itu semua, awali perubahan Kita dengan niat, usaha yang sungguh-sungguh dan diiringi doa yang tulus agar Kita dapat mengalahkan diri sendiri dan berubah menjadi manusia yang lebih baik lagi.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar