≡ Menu
Catatan Kecil

Disiplin; Syarat Wajib untuk Sukses

in Motivasi

Disiplin dan konsisten adalah dua hal berbeda, namun berkaitan dengan kesuksesan Anda. Jim Rohn mengatakan “Success is nothing more than a few simple diciplines, practiced every day; while failure is simply a few errors in judgement, repeated every day. It is the accumulative weight of our diciplines and our judgements that leads to either fortune or failure.”


Sukses tidak lebih dari beberapa kedisiplinan sederhana yang kita praktekan sehari-hari; begitu juga dengan kegagalan, yaitu beberapa kesalahan dalam mengambil keputusan, yang diulang setiap hari. Akumulasi kedisiplinan dan keputusan yang kita lakukan setiap hari mengantar kita menjadi orang yang beruntung atau gagal.

Untuk sesaat, perkirakan, berapa banyak orang yang gagal karena salah mengambil keputusan, salah menggunakan prinsip. Dan berapa banyak pula orang yang berhasil dan sukses karena menggunakan prinsip hidupnya dengan disiplin dan tanggung jawab.

Setiap orang diberikan waktu yang sama setiap harinya, yaitu 24 jam, atau 1.440 menit, atau 86.400 detik sehari. Apapun yang kita lakukan pada kurun waktu 24 jam tersebut, apakah bekerja, beribadah, bersantai, olahraga, menuntut ilmu atau bahkan tidur sekalipun, waktu tidak akan pernah membantu kita untuk berubah menuju kesuksesan. Namun, hanya orang-orang yang mampu mengelola waktu dengan baik dan benar yang akan menemukan jalan menuju sukses.

Sebuah kata mutiara dibawah ini patut kira ingat, untuk memotivasi kita agar selalu dapat memanfaatkan waktu dengan baik dan benar.

“Ingat 5 hal sebelum datangnya 5 hal; waktu muda sebelum tua, waktu senggang sebelum sibuk, waktu sehat sebelum sakit, waktu kaya sebelum miskin, waktu hidup sebelum mati.”

Sukses adalah milik semua orang yang mampu memanfaatkan dan menghargai waktu. Sukses adalah hasil kerja keras yang didasari disiplin tinggi dan tanggung jawab.

“Time is money” waktu adalah uang, artinya jika kita pandai menggunakan waktu, maka kita dapat dengan mudah mendapatkan keberuntungan.

“Time is sword” waktu adalah pedang, artinya waktu akan membunuh kita (membuat kita rugi) jika tidak pandai menggunakannya.

Mulai saat ini, cobalah untuk mendisiplinkan diri sendiri, mulai dari hal-hal terkecil seperti, berdoa sebelum melakukan sesuatu, beribadah tepat waktu, makan dan minum sambil duduk, tidak menggunakan handphone atau gadget saat makan, dan sebagainya.

Ubah kebiasaan-kebiasaan buruk dengan melakukan hal-hal baik yang kecil namun dilakukan secara konsisten dan terus menerus. Karena disiplin adalah syarat utama kesuksesan.

0 comments… add one

Leave a Comment