≡ Menu
Catatan Kecil

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

in kesehatan, tips

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami – Tekanan darah tinggi atau sering juga disebut dengan hipertensi merupakan kondisi di mana tekanan darah pada pembuluh darah meningkat dan berlangsung dalam waktu yang lama. Tekanan darah yang meningkat ini bisa disebabkan karena terjadinya penyempitan pada pumbuluh sehingga terjadi penimbunan lemak dan zat-zat lainnya.

Tekanan darah tinggi juga bisa memicu munculnya penyakit kronis lainnya. Bahkan 7 dari 10 orang dewasa yang mengalami hipertensi beresiko untuk terkena penyakit stroke atau serangan jantung. Dengan gaya hidup yang sangat sibuk, kurangnya olahraga, serta pola makan yang tidak sehat merupakan salah satu faktor yang memicu munculnya penyakit ini.

Nah, bagi Anda yang sudah mengidap penyakit ini, berikut akan kami berikan beberapa tips untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Olahraga secara rutin

Olahraga merupakan salah satu cara yang paling ampuh dalam mengatasi berbagai penyakit. Dengan rutin melakukan olahraga ringan seperti joging, maka penyerapan oksigen pada tubuh akan lebih optimal serta dapat memperkuat jantung. Dengan kinerja jantung yang lebih kuat, maka tekanan darah yang tinggi pada seseorang bisa diturunkan.

Pisang

Bagi Anda yang mengalami hipertensi, sebaiknya masukkan pisang ke dalam menu diet Anda. Kandungan kalium dalam buah pisang merupakan sumber mineral yang bisa mengontrol keseimbangan cairan di dalam tubuh. Dengan seimbangnya kondisi cairan di dalam tubuh, maka tekanan darah bisa diturunkan.

Yogurt

Yogurt merupakan makanan hasil fermentasi yang sangat kaya akan kandungan kalsium. Rutin mengkonsumsi yogurt akan membuat pembuluh darah Anda menjadi lebih lentur sekaligus dapat memperlancar sirkulasi darah pada tubuh.

Bawang putih

Menurunkan tekanan darah tinggi secara alami selanjutnya adalah dengan memanfaatkan bawang putih. Kandungan senyawa alisin yang terdapat di dalam bawang putih berfungsi untuk melebarkan serta menghindarkan terjadinya pembekuan darah. Selain itu, bawang putih juga berkhasiat untuk menghancurkan lemak dan juga menurunkan kandungan kolesterol jahat.

Jus seledri

Di Cina, seledri sudah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa meminum jus seledri secara rutin selama 1 minggu terbukti bisa menurunkan tekanan darah. Seledri memiliki kandungan mineral, kalium, antioksidan alami, dan 3-n-butil-phthalide. Kandungan senyawa 3-n-butil-phthalide berfungsi untuk melebarkan otot-otot pada dinding arteri yang memungkinkan aliran darah menjadi lebih lancar.

Menurunkan berat badan

Cara lain yang bisa ditempuh untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan menurunkan berat badan. Kegemukan atau obesitas termasuk salah satu penyebab terbesar terjadinya hipertensi. Dengan berat tubuh yang berlebih, maka jantung akan berkerja secara ekstra dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi para penderita hipertensi untuk melakukan diet.

Batasi makanan tinggi garam

Konsumsi makanan dengan kadar garam yang berlebih sebaiknya dihindari. Hal ini dikarenakan garam bisa meningkatkan volume dan tekanan darah pada bagian arteri. Makanan-makanan yang mengandung garam tinggi seperti makanan cepat saji, makanan instan, atau makanan olahan sebaiknya dihindari.

Jangan merok*k

Menurunkan tekanan darah tinggi secara alami bisa dilakukan dengan berhenti merok*k. Bagi Anda yang memiliki kebiasaan ini, sebaiknya hentikan sekarang juga karena kandungan nikotin pada rok*k akan merangsang tubuh untuk menghasilkan adrenalin. Dengan produksi adrenalin yang berlebih, maka jantung akan bekerja dan berdetak lebih cepat yang bisa memicu naiknya tekanan darah.

Kurangi kafein

Selain rokok, konsumsi kafein juga sebaiknya dikurangi atau dihentikan. Sebuah penelitian dari Duke University Medical Center menyatakan bahwa konsumsi kafein sekitar 500 mg atau 3 cangkir kopi sehari berpotensi besar dalam peningkatan tekanan darah.

Kurangi kerja lembur

Pola hidup yang terbisa untuk bekerja hingga larut malam juga memiliki kontribusi untuk meingkatkan tekanan darah. Pekerja lembur memiliki potensi untuk terkena hipertensi hingga 29% jika dibandingkan dengan pekerja normal. Selain itu, kebiasaan utnuk kerja lembur juga membuat seseorang kehilangan waktu untuk berolahraga dan memiliki pola makan yang teratur.

Hindari mendengkur saat tidur

Cara yang terkahir adalah dengan berusaha untuk tidak mendengkur saat tidur. Kebisaan mendengkur merupakan salah satu gejala terjadinya sleeping apnea yang bisa memicu terjadinya tekanan darah yang tinggi. Untuk berhenti mendengkur, Anda bisa mencoba untuk tidur dengan posisi yang miring atau dengan menurunkan berat badan.

Nah, sekian ulasan mengenai cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami yang bisa Anda coba. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang mengalami masalah hipertensi.

0 comments… add one

Leave a Comment