≡ Menu
Catatan Kecil

Khasiat dan Manfaat Madu Untuk Wajah

in kecantikan
Khasiat dan Manfaat Madu Untuk Wajah

Khasiat dan Manfaat Madu Untuk Wajah

Khasiat dan Manfaat Madu Untuk Wajah – Bukan rahasia lagi bahwa madu memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk juga untuk kecantikan. Madu memiliki kandungan alami seperti vitamin B dan C, antioksidan, serta antibakteri, yang bermanfaat serta berkhasiat untuk menjaga kecantikan kulit.

Khasiat madu untuk merawat kulit sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal ini terbukti dari banyaknya produk-produk kecantikan yang beredar di pasaran menggunakan madu sebagai bahan dasarnya, baik itu untuk perawatan wajah, tubuh, atau untuk rambut.

Namun tentu saja produk-produk seperti itu memiliki harga yang relatif mahal. Sebagai alternatif, banyak yang memanfaatkan madu alami secara langsung untuk merawat wajah. Lantas, apa saja khasiat dan manfaat madu untuk wajah?

Mengatasi Jerawat

Bagi seorang wanita, jerawat adalah musuh utama pada wajah. Namun jerawat yang tumbuh pada wajah bisa diatasi dengan mengoleskan madu asli pada bagian wajah yang berjerawat. Kemudian diamkan selama 15 menit dan cuci bersih. Madu sangat memungkinkan untuk melawan jerawat serta membersihkan noda karena memiliki kandungan anti bakteri di dalamnya.

Memutihkan Wajah

Madu juga bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan wajah sehingga akan terlihat lebih putih bersinar. Madu bekerja dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat pada bagian luar kulit wajah. Caranya dengan menyiapkan 1 sendok madu asli kemudian campur bersama minyak almond, oatmeal, dan perasan lemon. Campur semua bahan hingga merata kemudian aplikasikan pada wajah. Berikan pijatan ringan pada kulit wajah dan diamkan selama 10 menit, lalu bersihkan wajah menggunakan air dingin.

Membersihkan Kulit

Khasiat dan manfaat madu untuk wajah selanjutnya adalah untuk membersihkan wajah dari kotoran. Mungkin hal ini akan terdengah aneh, namun tahukah Anda bahwa kandungan enzim alami dalam madu yang dicampur dengan air bisa menjadi cairan antispetik untuk wajah. Cairan ini dapat membersihkan wajah tanpa harus mengurangi kandungan minyak alami pada kulit wajah.

Melindungi Kulit

Khasiat lain dari madu adalah utnuk melindungi kulit, terutama kulit wajah yang terkenal sensitif. Madu mengandung antioksidan, anti mikroba, serta anti jamur yang berfungsi untuk menyembuhkan luka-luka pada wajah, bintik-bintik merah serta melawan infeksi yang terjadi pada kulit wajah.

Melembapkan Kulit

Madu sudah menjadi rahasia turun temurun untuk membuat kulit menjadi lembap, bahkan untuk rambut sekalipun. Caranya cukup dengan mengoleskannya langsung pada bagian wajah atau leher. Anda juga bisa mencoba dengan mencampurnya dengan bahan-bahan alami lainnya sehingga kulit akan terasa lebih lembut.

Mencegah Penuaan Kulit

Khasiat dan manfaat madu untuk wajah yang lainnya adalah untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Madu memiliki kandungan alami yang dapat menangkal radikal bebas, sehingga akan didapatkan penampilan yang terlihat awet muda.

Caranya dengan menjadikan madu sebagai toner. Siapkan 2 sendok teh madu, 2 sendok teh lemon, dan tambahkan air secukupnya. Masukkan semua bahan-bahan tersebut ke dalam botol lalu kocok hingga didapatkan ramuan yang merata. Tuangkan beberapa tetes ramuan tersebut pada kapas dan usapkan pada wajah yang sebelumnya telah dibersihkan.

Menyembuhkan Luka di Kulit

Luka atau infeksi pada kulit atau wajah bisa diminimalisir dengan rutin mengkonsumsi madu. Hal ini sangat dimungkinkan karena kandungan anti mikroba yang terdapat pada madu. Esensi gula pada madu juga berkhasiat untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

Memelihara Kecantikan Kulit

Untuk memelihara kecantikan kulit, madu bisa dikonsumsi secara langsung atau diaplikasikan langsung pada kulit. Madu memiliki kandungan nutrisi seperti kalsium, pottasium, dan magnesium yang berfungsi untuk mempercepat proses regenerasi kulit sehingga sel-sel kulit mati bisa terangkat dan menciptakan kulit yang sehat dan cantik.

Nah, itulah aneka khasiat dan manfaat madu untuk wajah. Semoga bisa menjadi tambahan referensi bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan kulit dengan menggunakan bahan-bahan alami.

0 comments… add one

Leave a Comment