≡ Menu

Diet Sehat ala Vegetarian

Diet sehat ala vegetarian berikut ini patut Anda coba untuk mengurangi berat badan Anda secara alami dan tanpa resiko yang dapat mengganggu kesehatan Anda. Namun sebelum Anda menerapkan tips diet sehat ala vegetarian, ada baiknya Anda mengetahui lebih jauh tentang pengertian vegetarian dan jenis vegetarian berikut ini.

Pengertian Vegetarian dan Jenis Vegetarian

Vegetarian berasal dari bahasa latin yang berarti kuat, bergairah atau aktif. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, vegetarian berarti seseorang yang dalam kesehariannya hanya memakan sayur-sayuran dan buah-buahan karena alasan kesehatan atau alasan kepercayaan (agama). Secara umum vegetarian berarti seseorang yang hanya memakan jenis sayur-sayuran dan buah-buahan dan tidak memakan jenis daging apapun baik daging sapi, daging kambing, daging ayam, ikan atau makanan yang berasal dari hewan.

Ada beberapa jenis vegetarian berdasarkan pada cara atau pola pelaku vegetarian dalam menjalani aktivitas vegetariannya. Berikut ini adalah jenis-jenis vegetarian tersebut :

Lacto-Ovo Vegetarian: Jenis vegetarian yang mengonsumsi bahan-bahan nabati dan tidak mengonsumsi ikan, daging ternak, dan daging unggas. Kelompok ini masih mengonsumsi telur dan susu beserta produk olahannya.

Lacto Vegetarian: Jenis vegetarian yang mengonsumsi bahan pangan nabati dan berpantang makan ikan, daging ternak, daging unggas, dan telur beserta produk olahannya. Jenis vegetarian ini masih bisa mengonsumsi susu berserta hasil olahannya (yogurt dan keju).

Vegan: Jenis vegetarian murni yang hanya mengonsumsi sayur-sayuran, biji-bijian, buah-buahan dan kacang-kacangan.

Diet sehat ala vegetarian berikut ini dapat Anda terapkan untuk menurunkaan berat badan Anda. Dengan menjadi salah satu jenis vegetarian dari yang telah dijelaskan diatas Anda dapat mencoba makanan-makanan berikut ini agar Anda tidak terlalu “kaget” dengan jenis makanan yang akan Anda konsumsi.

Untuk diet sehat ala vegetarian, hal utama yang harus dilakukan sebelum mengubah makanan yang Anda konsumsi yaitu adalah mengubah makanan untuk sarapan Anda dengan bahan makanan nabati yang biasa dikonsumsi oleh vegetarian.

Sarapan untuk Diet Sehat ala Vegetarian

1. Oatmeal

Sarapan oatmeal akan membuat perut Anda kenyang untuk waktu yang cukup lama. Selain itu oatmeal juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke serta berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan Anda.

2. Kue Gandum
Bagi Anda yang hobi ngemil, sudah saatnya mengubah camilan Anda dengan camilan sehat dan membantu menurunkan berat badan Anda. Kue gandum adalah salah satu camilan diet sehat ala vegetarian. Kue Gandum sangat cocok disajikan pada saat sarapan pagi dengan teh hangat atau susu. Camilan yang terbuat dari gandum selain mengenyangkan juga dipercaya dapat menyehatkan kulit tubuh Anda.

3. Granola
Granola adalah makanan yang terbuat dari gandum, buah kering dan biji-bijian yang dipanggang bersama di dalam oven. Dengan sarapan Granola, program diet sehat ala vegetarian dapat Anda jalani dengan mudah dan tanpa resiko mengganggu kesehatan Anda karena Granola mengandung banyak serat, antioksidan, dan asam lemak omega-3 sehingga selain Anda dapat menurunkan berat badan, Anda juga mendapat asupan gizi penting lainnya.

4. Smoothies

Smoothies adalah minuman sejenis jus yang berbahan dasar buah-buahan atau sayuran yang dicampur dengan susu kental manis atau yogurt serta tambahan lainnya yang diblender hingga lembut. Smoothies sangat cocok untuk sarapan Anda yang ingin menurunkan berat badan melalui diet sehat ala vegetarian karena selain menyehatkan, smoothies cukup mengenyangkan perut Anda di pagi hari.

5. Buah
Semua orang menyukai buah dan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dan menjaga nutrisi untuk tubuh Anda, biasakan untuk mengkonsumsi buah-buahan secara teratur. Hampir semua jenis buah dapat dimakan dan mengandung vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, namun untuk diet sehat ala vegetarian, Anda dapat mencoba buah apel merah untuk sarapan serta makan siang Anda. Buah apel merah dipercaya dapat menurunkan berat badan serta membuat perut Anda senantiasa terasa kenyang.

Itulah beberapa jenis makanan untuk sarapan bagi Anda yang ingin mencoba diet sehat ala vegetarian. Selamat mencoba.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar