≡ Menu
Catatan Kecil

Desain Dapur Minimalis

in Desain Rumah

Desain dapur minimalis pada saat ini banyak sekali diminati oleh banyak orang. Selain karena dalam pembuatannya tidak memerlukan banyak biaya, desain dapur minimalis sederhana juga dapat diaplikasikan tidak hanya di rumah, tetapi juga di kantor. Desain dapur minimalis memberikan kesan elegant dan modern pada dapur Anda sehingga sangat cocok untuk diterapkan dirumah dan kantor maupun restoran yang mempunyai ruang yang tidak terlalu besar.

Desain Dapur Minimalis untuk Rumah Sederhana

Desain dapur minimalis banyak diterapkan pada rumah-rumah dengan ukuran kecil. Hal ini terbukti dengan bermunculannya desain-desain dapur yang minimalis namun tetap mempunyai fungsi utama sebagai dapur di rumah-rumah yang memiliki lahan terbatas.

Desain dapur minimalis yang sering diaplikasikan oleh pemilik rumah adalah menempatkan dapur bersebelahan dengan tempat atau ruang makan. Dengan menempatkan dapur bersebelahan atau menyatu dengan ruang makan Anda akan menghemat ruang yang digunakan untuk menjadi dapur. Selain itu desain yang tepat untuk menggabungkan fungsi dapur dan ruang makan akan membuat kesan sederhana dan modern layaknya sebuat mini-café atau mini-bar bahkan jika penggabungan antara ruang dapur dan ruang makan diberi sentuhan tradisional juga dapat membuat suasana dan kesan sederhana namun tetap memiliki fungsi yang baik sebagai dapur maupun ruang makan secara bersamaan.

Dengan fungsi dapur sebagai tempat untuk mengolah makanan atau menyimpan berbagai peralatan dapur yang cukup banyak, maka pemanfaatan ruang di dapur harus sangat diperhatikan. Terutama pada peralatan yang digunakan bersama dengan kompor yang terkadang memberikan kesan kurang bersih karena ada bekas gosong pada permukaannya. Untuk itu Anda dapat menggunakan lemari atau membuat rak dengan desain yang unik untuk menyimpan alat-alat tersebut.

Dalam membuat dapur, terutama desain dapur minimalis. Hal yang harus sangat diperhatikan adalah ventilasi udara. Desain dapur minimalis haruslah mempunyai ventilasi udara yang sangat baik mengingat pada desain dapur minimalis menggunakan ruang yang cukup kecil sehingga jangan sampai sirkulasi udara tidak lancar dan menyebabkan bau ataupun asap pada saat memasak berada didalam ruang sehingga mambuat Anda tidak nyaman berada didalam dapur.

Perawatan dapur minimalis sangatlah sederhana, ini tergantung dari Anda dalam membersihkan peralatan maupun ruang dapur Anda. Pastikan tidak ada sisa minyak dan air yang dibiarkan dalam dapur minimalis Anda karena selain membuat kesan kotor, sisa-sisa makanan atau bahan makanan serta bumbu-bumbu yang tercecer dapat membuat bau dan menggangu kesehatan Anda.

Untuk lantai desain dapur minimalis, gunakan keramik yang kesat atau Anda juga dapat menggunakan mozaik keramik dari pecahan keramik bekas. Selain menghemat biaya, menggunakan keramik yang kesat atau menggunakan pecahan keramik bekas membuat permukaan lantai dapur menjadi tidak mudah licin dan membahayakan Anda apabila ada tumpahan minyak atau air yang tercecer di lantai.

Untuk membuat kesan luas dan lebar, gunakan warna cat yang cerah dan terang untuk desain dapur minimalis Anda. Warna biru laut atau hijau lime serta orange dan kuning dapat Anda terapkan pada desain dapur minimalis modern Anda. Atau jika Anda ingin mendapatkan kesan yang tradisional, biarkan tembok dapur Anda tetap terbuka dan memperlihatkan susunan batu bata yang merah.

Itulah beberapa tips dalam menentukan desain dapur minimalis sederhana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Konsultasikan dengan ahli bangunan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan seusai dengan biaya yang Anda miliki. Semoga bermanfaat.

0 comments… add one

Leave a Comment