≡ Menu

6 Tips Membersihkan Kompor Tanam

Tips Membersihkan Kompor Tanam – Kompor tanam atau disebut juga built in hob ini memang kompor bergaya modern, tampilan yang elegan menjadi prioritas dapur bersih anda, Kompor tanam tidak seperti kompor pada umumnya, mereka dirancang khusus mulai dari desain, material yang digunakan, pematik otomatis dan memiliki fitur pengaman gas yang secara otomastis menutup aliran gas ketika terjadi kebocoran gas, hal ini tentu memberikan rasa aman ketika anda menggunakannya. Fitur-fitur yang disajikan menjadikan kompor tanam ini terbilang tidak murah harganya, namun harga tersebut terbayar dengan kualitas yang diberikan.

Kompor tanam atau built in hob ini terbagi menjadi dua jenis, ada yang menggunakan gas dan ada juga yang menggunakan listrik, material yang digunakan ada yang menggunakan kaca (crystal/tempered glass), ada juga yang menggunakan material stainless steel. Kali ini saya mencoba menjelaskan Tips Membersihkan Kompor Tanam  dengan kedua varian tersebut.

  1. Pastikan api kompor tanam padam dan benar-benar sudah dalam keadaan dingin.
  2. Lepaskan regulator dan saklar/stop kontak untuk kompor listrik.
  3. Angkat Tungku dan pisahkan burner, kemudian rendam dengan air panas, diamkan selama 10 sampai 15 menit, hal ini bertujuan untuk merenggangkan noda dan lemak pada burner, kemudian anda bersihkan dengan menggunakan spon dan sikat bila terdapat noda membandel sampai bersih dan kemudian keringkan hingga benar-benar kering.
  4. Membersihkan lapisan kaca Crystal/tempered glass (untuk Kompor listrik dan gas) menggunakan kain halus dan lembab, gosok secara perlahan dan tidak menggunakan pembersih kimia karena dapat merusak lapisan kaca, kemudian lap dan diamkan sampai kering.
  5. Namun jika anda memiliki kompor tanam dengan material staninless (untuk kompor Listrik dan gas), cara membersihkannya dengan menggunakan  pembersih kimia yang dilengkapi anti karat atau menggunakan serbuk khusus stainless, gosok perlahan hingga terlihat bersih dan lap dengan kain yang lembut dan halus.
  6. Membersihkan inti burner, anda cukup menggunakan koas, Bersihkan pada sisi dalam burner dan sepuyer hingga tidak ada debu atau partikel kecil yang menghambat.

Setelah tahapan demi tahap sudah selesai, kini anda dapat memasangnya kembali, menempatkan burner secara tepat pada lubangnya, ganti baterai jika diperlukan dan pasang kembali regulator/saklar secara baik. jika anda mendapatkan masalah yang serius dengan kompor anda, segeralah untuk menghubungi service langganan anda, Demikian Tips Membersihkan Kompor Tanam dan semoga bermanfaat.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar