≡ Menu
Catatan Kecil

Tips Membangun Rumah Ramah Lingkungan

in tips

Tips Membangun Rumah Ramah Lingkungan – Jika anda berencana ingin membangun rumah yang hijau atau anda berencana ingin membuat rumah yang ramah lingkungan dan efisien, mungkin beberapa tips untuk dapat anda perhatikan sebelum anda memulainya.

Hal pertama adalah dengan mencari kontraktor-kontraktor yang memiliki sertifikat, mereka adalah para profesional berlisensi yang dapat membatu anda merencanakan pada bagian-bagian penting dari suatu bangunan rumah yang ramah lingkungan misalnya untuk merencanakan suatu denah yang strategis, desain, jendela, bahan, pemanasan, ventilasi, ac dan bahkan memeriksa kondisi tanah, dan berikut adalah Tips membangun Rumah Ramah Lingkungan, dengan begitu anda ikut serta mengurangi dampak buruk bagi lingkungan ( global warming).

Pemanfaatan Sumber Cahaya Alami.

  • Konsultasikan dengan pihak kontraktor untuk mengkondisikan arah denah rumah anda, kemudian membuat suatu jendela dimana sumber cahaya alami tersebut dapat masuk kedalam ruang rumah secara optimal namun tanpa menimbulkan efek panas yang dihasilkan dari sinar matahari secara langsung, selanjutnya anda dapat menambahkan ornamen seperti isolasi atau penutup jendela atau tirai yang memiliki sistem buka tutup.
  • Pemanfaatan sumber cahaya lainnya adalah dengan membuat sistem teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), yang memanfaatkan matahari sebagai sumber energinya, PLTS dapat anda aplikasikan hampir semua peralatan yang menggunakan listrik seperti perabotan rumah tangga dan audio visual. Namun jika anda tidak munggunakan sistem tersebut, tentu gunakanlah listrik secara bijak seperti hal nya mematikan lampu yang tidak terpakai atau hal-hal lain yang tidak perlu (hemat Energi).

Pemanfaatan Sumber Air Alami

  • Kekurangan air merupakan masalah global. Yang dimaksud dengan sumber air alami adalah pemanfaatan air ketika turun hujan yang kemudian anda tampung ditempat penampungan air dengan membuat sistem sprinkler (Sebuah sistem pemadam automatis jika terjadi kebakaran), selain itu anda dapat membuat sistem untuk menyiram rumput halaman rumah, membuat sistem sterilizer air untuk kebutuhan minum dan mandi, dengan begitu anda menghemat tagihan PDAM anda.

Sirkulasi Udara

  • Pada dasarnya ventilasi adalah untuk memasukkan udara dingin kedalam ruangan dan mengeluarkan udara panas melalui jendela yang sudah anda posisikan dengan strategis.

Halaman dan Tanaman alami

  • Penanaman tanaman yang alami dihalaman rumah adalah cara yang benar-benar hijau, buatlah halaman dan tanaman yang terorganisir seperti layaknya tanaman yang hidup dihabitat aslinya dengan mengurangi kebutuhan pestisida dan pupuk, dengan begitu anda juga membuat rumah untuk hewan seperti burung atau kupu-kupu.

Penggunaan Cat Yang Ramah Lingkungan

  • Noda dan pernis yang memiliki senyawa organik yang mudah menguap (VOC), VOC adalah bahan kimia yang biasanya digunakan dan diproduksi pada cat, obat-obatan dan refrigeren dan lain sebagainya, komponen tersebut mengandung karbon yang mencemari udara dan konon telah dikaitkan dengan kangker.

Sampah dan Limbah

  • Penanganan sampah dan limbah adalah faktor dari kebersihan lingkungan, dengan kebersihan lingkungan sekitar tentu udara yang kita hirup tidak tercemar dari sampah dan limbah, dengan membuat bak penampungan samapah dan tata letak septic tank yang baik.

Demikian Tips Membangun Rumah Ramah Lingkungan dan semoga bermanfaat bagi  anda yang berencana membangun rumah yang bukan hanya nyaman namun efisien dan ramah lingkungan.

0 comments… add one

Leave a Comment