Manfaat dan Khasiat Daun Sirih

Manfaat dan Khasiat Daun Sirih – Daun sirih memiliki beberapa macam, diantaranya daun sirih hitam, merah dan hijau. Namun yang lebih dikenal dikalangan masyarakat mungkin hanya daun sirih merah dan hijau. Daun sirih itu sendiri memiliki berbagai macam khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Dibawah ini saya akan menjelaskan apa saja manfaat daun sirih merah dan daun sirih hijau untuk kesehatan.

Manfaat dan Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan

Daun Sirih Merah

Daun sirih merah memiliki kandungan baik untuk kesehatan, daun sirih merah bersifat antiseptic dan alkoloid yang terdapat pada daun sirih merah ini memiliki antimikroba. Adapun cara-cara untuk mengatasi berbagai penyakit menggunakan daun sirih merah.

  • Mengatasi keputihan

Rebus 7 – 10 daun sirih lalu dinginkan, setelah itu bilas organ kewanitaan anda menggunakan air rebusan daun sirih tersebut.

  • Menghilangkan bau badan

Rendam 2-3 lembar daun sirih dengan air panas di dalam 12 gelas dan di tambah dengan satu sendok teh gula putih, diamkan sampai air itu hangat-hangat kuku dan setelah itu sirihnya di ambil dan di minum air rebusannya.

  • Menghilangkan Bau Mulut

Ambil 1 lembar daun sirih merah cuci hingga bersih dan di kunyah -kunyah biarkan hingga beberapa menit lalu setelah itu ludahkan lakukanlah hal itu 2-3 kali sehari. Adapun cara lain yaitu dengan merebus daun sirih 5-6 lembar  daun sirih dengan 2 gelas air rebus sampai mendidih dan setelah itu di saring dan dinginkan lakukan kumur-kumur untuk setiap pagi dan sore.

Daun Sirih Hijau

Daun sirih hijau juga memiliki kandungan yang sangat banyak di antaranya minyak, nutrisi, fropana, estragol, hydrosykavicol dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk tubuh manusia, daun sirih juga sangat menyehatkan untuk tubuh.

Adapun kandungan khasiat dan manfaat dari daun sirih hijau untuk kesehatan:

  1. Cairan daun sirih hijau bisa untuk menyemprot hama dan tidak akan mematikan hama.
  2. Bisa untuk mengobati gigi dan gusi yang bengkak dan selain itu juga caranya sangat mudah hanya dengan mengunyah daun sirih secukupnya, ataupun berkumur dengan hasil rebusan daun sirih dengan di kumur-kumur tapi jangan telalu lama.
  3. Daun sirih hijau juga di percaya untuk mengobati keputihan, dengan cara di rebus dengan porsi secukupnya lalu air rebusannya itu di basuh ke “bagian sensitif wanita”.
  4. Daun sirih hijau juga bisa untuk mengobati sariawan yaitu hanya dengan mengunyah daun sirih nya saja tapi secukupnya.
  5. Daun sirih hijau juga bisa untuk mengobati bau mulut tapi bila melakukan hal itu dengan secara rutin.
  6. Daun sirih hijau juga di percaya untuk mengobati demam berdarah dengan meminum air rebusannya dan juga bisa untuk mematikan kuman penyebab demam berdarah atau bisa juga di gunakan dengan mengoleskan daun sirihnya ke bagian tubuh.
  7. Meminum air rebusannya juga bisa untuk memperlancar haid yang tidak teratur.
  8. Mengobati asma.
  9. Mengobati radang tenggorokan.
  10. Air rebusannya bisa untuk membersihkan mata.
  11. Dapat Mneghilangkan bau ketiakbau badan.
  12. Mampu mengobati luka bakar dengan cara merendam daun sirih dengan air panas sampai layu,lalu setelah itu tempelkan daun sirihnya pada luka bakar.
  13. Dapat digunakan untuk mengobati bila mimisan, dengan cara menggulungkan daun sirih nya ke hidung yang mimisan,dan ini akan membuat darah yang keluar dari hidung akan berhenti.
  14. Menghilangkan gatal-gatal dikulit dengan cara ditumbukan ke bagian tubuh yang gatal-gatal.
  15. Daun sirih juga bisa untuk mengobati eksim dan juga penyakit yang lainnya.

Seperti itulah manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan. Mudah-mudahan bermanfaat.

Recent Posts

Alasan Mengapa Anda Mengalami Dejavu.

Pernahkah anda merasa atau mengalami suatu peristiwa yang pernah terjadi sebelumnya? contohnya seperti anda a pernah berkunjung ke suatu tempat,…

3 tahun ago

Cara Langsing Tanpa Diet, Anda Harus Coba

Langsing tanpa diet adalah alternatif bagi Anda yang malas melakukan diet karena tidak ingin meninggalkan makanan kesayangan Anda. Cara ini…

4 tahun ago

Ketahui Resiko dan Keuntungan Diet Cepat, Wanita Wajib Tahu!

Diet cepat adalah jenis diet yang paling banyak dipraktekan belakangan ini karena hasil yang didapat lebih baik dari pada jenis…

4 tahun ago

Menjaga Keamanan Smartphone Android Anda dengan Mudah, ini Tipsnya!

Menjaga Keamanan Smartphone android adalah hal yang cukup penting bagi Kita yang menggunakan smartphone untuk kegiatan sehari-hari. Bukan karena Smartphone Kita…

4 tahun ago

Ketahui 5 Masalah Kesehatan Gigi pada Anak-anak

Masalah Kesehatan Gigi pada Anak-anak tidak hanya menimpa orang dewasa saja, tetapi juga pada anak-anak.  Terutama kepada anak-anak yang hobi makan…

5 tahun ago

Cara Ajaib Atasi Keluhan Kesehatan Tubuh Kita

Kesehatan tubuh Kita terkadang mengalami masalah, dari masalah sepele seperti kulit gatal, mata gatal, dan lain-lain. Dan Ternyata hal-hal gangguan…

5 tahun ago

Kepribadian Plegmatis dan Cara Menyikapinya

Kepribadian Plegmatis atau "si damai" ini akan selalu siap dan bersedia untuk melakukan apapun demi kedamaian. Karena bagi Plegmatis, kedamaian adalah…

5 tahun ago

Dia hanya Pacar atau Calon Istri yang Tepat untuk Anda ?

Pacar atau calon istri ? Artikel berikut khusus bagi Anda para Pria yang saat ini menjalin hubungan dengan orang yang…

5 tahun ago

Motivasi Tidak Lebih Penting daripada Disiplin

Motivasi memang sangatlah penting, tapi bagaimana jika tidak diimbangi dengan disiplin? lalu penting mana antara disiplin dan motivasi? Berikut catatankecil.com…

5 tahun ago

This website uses cookies.