≡ Menu
Catatan Kecil

Tips Mengontrol Berat Badan

in pengetahuan, tips

Tips Mengontrol Berat Badan – Obesitas adalah pemicu dari berbagai macam penyakit serius dan mematikan. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan dan mengontrol berat badan. Menurunkan berat badan dengan perlahan dan mulai dari yang terkecil sekitar 4-6 Kg setiap bulan dapat mengurangi resiko komplikasi dari insomnia. Cara termudah untuk memulai mengontrol berat badan adalah mencoba mengurangi makanan dengan kadar lemak yang tinggi seperti keripik atau kentang goreng.

Ada jenis orang tertentu yang bila tidak dapat tidur atau mengalami insomnia, dia akan terus-menerus makan cemilan sebagai pelampiasan kekesalan karena tidak bisa tidur. Biasanya kegiatan ini (makan cemilan) tidak terasa karena dilakukan sambil nonton TV atau film. Akibatnya, kalori yang masuk kedalam tubuh tidak terkontrol. Jika sudah begini, kegemukan akan mudah datang pada penderita insomnia.

Selain dampak insomnia yang tidak baik bagi kesehatan, yang perlu diwaspadai dari kegemukan atau obesitas ini juga akan memicu penyakit-penyakit berat lainnya, seperti hipertensi atau darah tinggi, bertambahnya kadar kolesterol buruk, jantung, diabetes mellitus (kencing manis) dan lain-lain. Untuk itu, waspadalah dengan bahaya insomnia. Jangan pernah sekalipun meremehkannya. Jika sudah merasa terkena insomnia, segeralah temui dokter agar mendapatkan diagnosis yang benar dan mendapatkan pengobatan maupun penanganan yang benar.

Hingga saat ini banyak orang takut untuk menemui dokter. Selain khawatir karena biaya mahal, mereka takut akan adanya penyakit yang semula tidak diketahui. Padahal dengan berkonsultasi dan menemui dokter, kita dapat mengetahui kondisi kesehatan kita secara akurat. Jika tidak ada sakit dan kondisi sehat, dokter akan tetap memberikan pengarahan cara menjaga kesehatan dan mengontrol berat badan kita. Jadi pastikan untuk mengatur jadwal kunjungan pada dokter. Tiga bulan sekali dalam kondisi normal sudah cukup.

Perlu diingat bahwa penanganan terhadap penderita insomnia tidak harus selalu menggunakan obat-obatan. Kadang-kadang dengan berbagi masalah dengan orang terpercaya pun sudah cukup mengurangi beban pikiran sehingga dapat kembali tidur dengan nyeyak. Hal ini jika akar permasalahan insomnia adalah adanya masalah yang mengganggu pikirannya.


Sekian artikel tentang Tips Mengontrol Berat Badan. Semoga bermanfaat.

0 comments… add one

Leave a Comment