≡ Menu
Catatan Kecil

Tips Gizi Sehat dan Diet Terarah

in kecantikan, kesehatan

Tips Gizi Sehat dan Diet Terarah – Memiliki gizi sehat sebenarnya sangat berpengaruh terhadap gaya hidup setiap orang. Gaya hidup yang kebarat-baratan dan hidup santai serta panjangnya angka harapan hidup merupakan faktor yang meningkatkan prevalensi insomnia. Berikut ada beberapa tips gizi sehat dan seimbang yang dapat diberikan untuk pencegahan


Anjuran gizi sehat dan seimbang yang dapat diberikan untuk pencegahan insomnia adalah sebagai berikut:

  1. Makan aneka makanan sehingga kebutuhan gizi dapat terpenuhi baik untuk sumber zat tenaga, seperti beras, gandum, jagung dan lain-lain. Zat pembangun seperti tempe, tahu, ikan, telur, ayam, daging dan lain-lain. Maupun zat pengatur seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
  2. Makanlah dalam porsi cukup untuk mempertahankan berat badan normal.
  3. Pilihlah makanan karbohidrat yang kaya serat seperti beras, jagung, kentang dan lain-lain.
  4. Komsumsi serat yang banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan.
  5. Batasi komsumsi lemak agar tidak memicu kelebihan lemak dalam darah dan kolestrol tinggi.
  6. Gunakan garam beryodium untuk menghindari terjadinya penyakit hipertensi (darah tinggi).
  7. Berikan ASI eksklusif, setidaknya sampai bayi berumur enam bulan.

Diet terarah

Banyak orang yang menjalani program diet dengan tujuan mendapatkan kelangsingan badan dan kesehatan. Namun alih-alih menjadi sehat, kondisinya malah menjadi memburuk karena program diet yang salah dan tidak terarah. Temui ahli gizi untuk mendapatkan petunjuk program diet yang benar dan sesuai kondisi kesehatan masing-masing.

Kesehatan bersifat sangat personal. Masing-masing orang berbeda kondisi dan kasusnya. Oleh karena itu, penanganannya pun harus dilihat satu-persatu berdasarkan kondisi dan kasus masing-masing. Apa yang cocok untuk orang-orang tertentu, namun belum tentu cocok bagi orang yang lain. Begitu pula sebaliknya.

Jumlah asupan magnesium dan kalsium yang cukup dalam tubuh dapat menangkal terjadinya insomnia. Fungsi magnesium adalah merelaksasi otot. Apabila otot kaku, timbul rasa ngilu yang membuat badan terasa sakit. Kalsium diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan juga dimanfaatkan untuk menenangkan pikiran. Kalsium berdampak calming effect atau memiliki efek menenangkan.

Jadi kondisi kecemasan atau stress dapat dikurangi dengan magnesium serta kalsium. Hormon melatonin berguna membuat tidur akan lebih nyenyak. Pad saat ini, telah ada produk-produk suplemen yang mengkombinasikan magnesium, kalsium serta melatonin.

Diet sehari-hari juga perlu diperhatikan. Komsumsi makanan berkarbohidrat kompleks seperti roti, crackers dapat membantu tubuh untuk mudah terlelap. Segelas susu hangat dan madu juga menjadi obat untuk mudah terlelap. Susu banyak mengandung asam amino triptofan yang mengeluarkan serotin sehingga memudahkan tidur.

Makanan yang harus dihindari adalah makanan dengan bumbu menyengat kafein, alcohol, karbohidrat sederhana (gula, sirup), makan berpengawet dan makanan kaleng. Gula dan sirup bersifat meningkat gula darah dan penghasil energy sehingga akan mengganggu tidur. Keju, cokelat, sayur bayam dan tomat juga harus dihindari. Semua itu mengandung tyramin yang merangsang keluarnya norepinephrine sehingga membuat otak terjaga. Sekian Tips Gizi Sehat dan Diet Terarah. Semoga bermanfaat:).

0 comments… add one

Leave a Comment