≡ Menu
Catatan Kecil

Tips Aman Belanja Online

in pengetahuan, tips

Tips aman belanja online berikut ini dapat Anda terapkan sebelum Anda melakukan transaksi jual beli online, karena tidak sedikit transaksi jual beli online yang ternyata modus penipuan. Semoga dengan membaca tips aman belanja online berikut ini Anda bisa terhindar dari modus penipuan yang marak di internet.

Tips Aman Belanja Online yang dapat Anda pertimbangkan adalah sebagai berikut :

1. Situs Jual Beli Online
Ada dua jenis situs / website jual beli yang ada di internet. Yaitu, situs yang menjual langsung barang ke konsumen seperti Lazada, Elevania, Amazon dll. Sedangkan jenis situs lainnya yaitu situs yang menyediakan tempat bagi penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi atau situs tersebut hanya sebagai perantara saja seperti Kaskus, OLX (sebelumnya bernama Tokobagus), Berniaga dll.

Situs yang hanya menjadi perantara antara penjual dan pembeli sebenarnya cenderung kurang aman dibandingkan dengan situs yang langsung menjual barang ke konsumen. Sehingga Anda harus pintar-pintar untuk memilih situs yang terpercaya atau penjual yang memiliki reputasi dan testimoni yang baik dari konsumen.

2. Memilih Toko Online dengan Reputasi Baik dan Terpercaya
Biasakan untuk mencari informasi dengan detail mengenai toko online yang akan Anda pilih untuk melakukan transaksi jual beli. Anda dapat bertanya kepada teman Anda melalui media sosial, milis atau forum-forum di internet.

Anda juga harus memperhatikan peraturan dan kebijakan toko online tersebut, baca dengan teliti syarat dan ketentuan sehingga Anda tidak dirugikan. Seperti penggantian barang apabila kondisi barang yang diterima dalam keadaan rusak, pengembalian pembayaran (refund) atau penukaran barang apabila produk yang Anda terima tidak sesuai dengan deskripsi produk yang Anda beli.

Toko online yang terpercaya tidak akan meminta data pribadi yang penting untuk melakukan transaksi, seperti user-id, pin ATM, password internet banking dan informasi penting lainnya. Jika toko online tersebut meminta Anda untuk mencantumkan data-data tersebut, sebaiknya Anda hindari agar Anda tidak menjadi korban penipuan.

3. Teliti Produk yang dijual
Tips aman belanja online berikutnya adalah meneliti produk yang dijual di toko online tersebut. Perhatikan kondisi barang yang ditawarkan, Anda dapat meminta deskripsi lengkapnya kepada customer service toko online tersebut. Tanyakan apakah produk yang dijual adalah produk baru, bekas, ada cacat dan lain sebagainya. Penjual yang terpercaya akan memberikan deskripsi lengkap tentang produk yang ditawarkannya.

Anda juga harus memperhatikan harga yang ditawarkan mengenai produk tersebut. Apakah harganya lebih mahal atau lebih murah dari harga asli produk yang dikeluarkan dari pabrik atau vendornya. Banyak juga barang ASPAL (asli tapi palsu) atau black market yang beredar di Indonesia, sehingga Anda harus mengetahui dengan pasti produk yang akan Anda beli apakah legal atau illegal.

4. Cara Pembayaran
Cara pembayaran untuk transaksi jual beli online ada beragam. Berikut ini adalah beberapa cara pembayaran dalam transaksi jual beli online dan tips aman belanja online yang dapat Anda pakai sebelum melakukan pembayaran atau transaksi jual beli online.

  • COD (cash on delivery) adalah cara pembayaran yang paling aman jika lokasi Anda tidak terlalu berjauhan dengan penjual. Keuntungan dari transaksi COD adalah Anda dapat melihat dan cek barang atau produk yang dijual.
    Tips aman belanja online saat melakukan COD adalah pilihlah tempat COD yang ramai dan Anda disarankan tidak melakukannya sendirian, ajaklah kawan atau saudara untuk menemani pada saat transaksi COD. Karena beberapa kejadian perampokan terjadi pada saat COD.
  • REKBER (rekening bersama) adalah tips aman belanja online berikutnya dalam hal cara pembayaran. Anda dapat menggunakan jasa REKBER apabila lokasi Anda dan penjual produk berjauhan. Jasa REKBER adalah penggunaan rekening bersama, sehingga uang pembeli tidak akan dibayarkan kepada penjual sebelum produk atau barang yang dibeli sampai kepada pembeli. Anda dapat mencari dan menggunakan jasa ini dari forum Kaskus.
  • Tips aman belanja online mengenai cara pembayaran adalah jika Anda melakukan transaksi langsung ke rekening penjual. Pastikan reputasi penjual baik atau recommended seller. Anda dapat melihat testimonial pembeli sebelumnya dan konsumen lain yang pernah melakukan transaksi jual beli dengan penjual tersebut.
  • Toko online yang jujur dan terpercaya selalu mencantumkan nomor rekening beserta nama pemilik dari rekening tersebut di situsnya. Catatlah nomor rekening tersebut agar bisa dijadikan sebagai bukti jika terjadi penipuan di kemudian hari.
  • Jika Anda ingin melakukan transaksi pembayaran melalui kartu kredit, gunakan jasa layanan kartu kredit seperti PayPal atau yang lainnya.

Simpanlah bukti pembayaran dengan baik. Jika perlu, Anda foto atau meng-screenshot bukti pembayaran atau transaksi yang telah Anda lakukan. Hal ini bertujuan untuk melakukan klaim garansi dan yang lainnya jika suatu saat barang yang dibeli rusak atau tidak sesuai dengan harapan.

5. Install Anti Virus
Tips aman belanja online berikutnya adalah pastikan perangkat Anda untuk mengakses toko online tersebut telah terpasang anti virus, anti pishing atau anti malware. Hal ini untuk mencegah virus dan malware yang dapat masuk ke perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses toko online tersebut dan mencuri data Anda seperti data user-id, password atau data internet banking yang Anda simpan di smartphone, komputer atau notebook Anda.

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan oleh toko online saat ini, menjadikan kita lebih mudah dan nyaman untuk melakukan transaksi jual beli. Namun didalam segala kemudahan tersebut kita harus tetap berhati-hati agar terhinar dari penipuan. Itulah beberapa tips aman belanja online. Semoga bermanfaat.

0 comments… add one

Leave a Comment