≡ Menu
Catatan Kecil

Penyebab dan Alasan Diputusin Pacar

in Motivasi

Penyebab dan alasan diputusin pacar ada banyak, dari hal sepele sampai hal yang memang mengharuskan suatu hubungan asmara berakhir. Namun, mayoritas orang Indonesia tidak mengetahui alas annya dengan jelas atau diputusin pacar tanpa sebab. Sebagian besar lainnya mengalami diputusin pacar secara sepihak dengan alasan “klise” atau tidak disampaikan dengan jelas.

Berikut ini adalah penyebab dan alasan diputusin pacar yang sering terjadi dalam hubungan asmara

1. Selingkuh

Selingkuh adalah penyebab dan alasan utama berakhirnya suatu hubungan asmara. Perselingkuhan, meskipun ditutup-tutupi dengan sangat rapih pasti suatu saat akan diketahui juga, atau salah satu yang pihak yang berselingkuh menginginkan hubungannya lebih nyaman tanpa sembunyi-sembunyi sehingga jalan terbaik adalah memutuskan salah satunya, bisa pacarnya atau selingkuhannya.

2. Masalah emosional

Biasanya masalah emosional menjadi penyebab dan alasan diputusin pacar yang sering terjadi selain karena perselingkuhan. Emosi dari masing-masing personal yang labil, cemburuan atau posesif, temperamen tinggi atau suka marah-marah atau perasaan jenuh dan bosan selama menjalin hubungan menjadi penyebab dan alasan diputusin pacar.

Sikap over-protektif juga dapat menjadi penyebab dan alasan diputusin pacar karena merasa tidak nyaman selama menjalani hubungan asmara. Sikap ini muncul karena cemburu dan perasaan posesif (takut kehilangan) yang berlebihan sehingga memunculkan perasaan ingin selalu mengetahui kondisi pacar setiap waktu.

3. Sekedar Cinta Monyet

Jika hubungan asmara terjadi hanya beberapa saat atau beberapa bulan lalu putus, dapat dipastikan itu hanya cinta monyet. Cinta monyet hanya terjadi karena tertarik dengan sikap atau sifat-sifat tertentu yang muncul sesaat. Meskipun mencoba untuk mempertahankan hubungan tersebut, akan muncul alasan bahwa perasaan yang muncul hanya sesaat dan ada orang lain yang lebih menarik. Yah! Namanya juga cinta monyet.

4. Perbedaan Keyakinan atau Agama

Saat hubungan asmara berlanjut ketahap yang lebih serius, biasanya perbedaan keyakinan atau agama akan menjadi penyebab dan alasan diputusin pacar yang paling bisa diterima oleh sebagian besar orang yang menjalaninya. Namun hal ini tidak sering dipikirkan pada saat awal menjalin hubungan asmara, karena pada awal masa menjalin hubungan asmara, perbedaan keyakinan dan agama adalah bukan hal yang begitu penting. Jika Anda tidak menginginkan hal itu terjadi pada Anda, sebaiknya jalani hubungan asmara dengan orang yang satu keyakinan dan agama dengan Anda.

5. Long distance relationship (LDR)

Long distance relationship (LDR) adalah menjalin hubungan asmara jarak jauh. Menjalin hubungan asmara jarak jauh atau LDR ini cukup sulit dan rentan dengan perselingkuhan. Tidak banyak yang berhasil menjalani hubungan jarak jauh atau LDR ini. Dibutuhkan sikap saling percaya dan saling menjaga diri agar tidak tergoda oleh pria atau wanita lain. Namun, secara naluriah manusia yang tidak bisa menahan terlalu lama rasa rindu atau kangen, biasanya orang akan mencari pelampiasan kepada orang lain sehingga hal ini memicu perselingkuhan yang pada akhirnya menjadi penyebab dan alasan diputusin pacar.

6. Keluarga

Penyebab dan alasan diputusin pacar yang terakhir adalah karena pihak keluarga tidak setuju dengan hubungan asmara yang sedang dijalani. Apalagi budaya Indonesia yang memang selalu mempertimbangkan “bibit, bebet dan bobot” (keturunan, kemampuan finansial dan materi, kualitas pendidikan dan pola berpikir) sebelum memberi restu dan ijin suatu hubungan. Dan alasan tidak direstui keluarga adalah penyebab dan alasan diputusin pacar yang banyak terjadi di Indonesia.

Itulah beberapa penyebab dan alasan diputusin pacar yang bisa Anda ketahui sehingga Anda dapat mengambil sikap dalam menjalin hubungan asmara.

0 comments… add one

Leave a Comment