≡ Menu

Menyembuhkan Sakit Pinggang

Menyembuhkan sakit pinggang adalah keharusan bagi Anda yang mengalami sakit pinggang karena kebanyakan orang dewasa, baik itu wanita maupun pria sudah pernah merasakan sakit pinggang di bagian kanan atau di bagian belakang tubuh. Dan seiring orang yang mengeluh kondisi yang sama semakin banyak, maka semakin banyak pula beredar berbagai mitos serta penawaran pengobatan tradisional serta pengobatan alternatif untuk menyembuhkan masalah sakit pinggang ini.
Tentunya sakit pinggang ini memiliki perbedaan dibandingkan dengan sakit pinggang yang dialami ibu-ibu. Rasa nyeri pada bagian pinggang belakang biasanya dipengaruhi karena bermacam faktor, di mana faktor-faktor yang mempengaruhi ini juga masih menjadi bahan perdebatan, sehingga belum ada hasil yang pasti. Di negara-negara maju penyakit pinggang ini memiliki nama lain LBP atau Low Back Pain, dan ada juga yang menyebutnya dengan Lumbago.

Gejala Sakit Pinggang Belakang

Gejala yang biasanya dialami oleh orang yang mengalami sakit pinggang belakang yaitu bagian di sebelah kanan pinggang akan muncul rasa nyeri tak tertahankan yang mengakibatkan seseorang menjadi sulit bergerak dan pada akhirnya mengganggu aktivitas keseharian. Juga, terjadi kekakuan otot sekitar, sampai dengan bagian punggung atas. Apabila Anda maupun kerabat memiliki gejala seperti ini, maka terdapat kecenderungan tingkat emosi dan depresi yang meningkat, dan juga menjadi lebih sensitif pada berbagai masalah yang bahkan terbilang sepele, intinya mudah marah seperti penyakit darah tinggi. Beberapa gejala sakit pinggang mengharuskan Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter, beberapa gejala tersebut yaitu:

  1. Perasaan depresi berat
  2. Rasa sakit pinggang dan demam (badan menggigil) bersamaan
  3. Muncul darah pada urin
  4. Rasa sakit waktu buang air kecil
  5. Kaki menjadi mati rasa dan sulit melangkah

Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang

Tanpa menggunakan obat pun, Anda juga bisa mengobati sakit pinggang, berikut caranya:

  • Latihan olah raga

Cara yang pertama untuk menyembuhkan sakit pinggang tanpa obat yaitu dengan latihan dan olah raga. Olahraga yang teratur bisa membantu mengurangi nyeri pada pinggang dan juga memperkuat peregangan otot, di mana otot ini yang membantu tulang belakang serta mencegah terjadinya cedera di lain waktu. Untuk menyembuhkan sakit pinggang, berikut beberapa latihan yang bisa Anda coba: Berenang, berjalan jalan pendek, menggunakan sepeda stasioner, latihan fleksibilitas dan stretching.

  • Diet

Cara kedua untuk menyembuhkan sakit pinggang yaitu dengan diet atau menurunkan berat badan. Dengan menurunkan berat badan, maka nyeri pinggang juga dapat reda, biasanya berat badan yang berlebihan bisa menjadi beban tubuh sehingga sakit pinggang memburuk. Di mana apabila tubuh Anda memiliki berat badan yang lebih, otomatis pinggang harus bekerja ekstra untuk membantu menyokong berat tubuh Anda tersebut, dan akhirnya seiring waktu pinggang pun menjadi lebih nyeri. Inilah alasan mengapa banyak orang yang gemuk sering sakit pinggang.

  • Terapi pijat

Cara menyembuhkan sakit pinggang tanpa obat yang ketiga adalah terapi pijat. Penelitian sudah menunjukkan jika terapi pijat terbukti lebih efektif dibandingkan akupunktur dan chiropractic, serta bisa membantu menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh kejang otot, di mana sakit pinggang termasuk salah satunya. Kegunaan dari terapi pijat ini merupakan perbaikan sirkulasi, jadi nyeri otot dapat semakin ringan, dan juga relaksasi bagi otot Anda, serta membantu otot untuk bergerak namun tak disertai rasa sakit, juga meningkatkan endorphin, hormon yang biasanya dihasilkan tubuh untuk menghilangkan rasa sakit alami).

Sekian artikel tentang gejala dan cara menyembuhkan sakit pinggang, semoga bermanfaat.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar