≡ Menu

Menjadi Pribadi yang Menyenangkan

Menjadi pribadi yang menyenangkan bagi orang lain adalah hal yang sangat wajar untuk setiap orang karena semua orang ingin disebut menarik, terkenal dikagimi banyak orang dan menjadi pusat perhatian. Mampunyai kepribadian yang menarik dan menyenangkan merupakan keinginan dan obsesi kebanyakan orang.

Menyenangkan dan menarik bagi orang lain tidak hanya dari segi lahiriah atau faktor fisik tetapi juga non-fisik (seperti emosional, integritas, personalitas dan lain sebagainya). Tidak sedikit orang meskipun mempunyai fisik atau rupa yang tampan atau cantik tetapi tidak menarik dan menyenangkan karena ada “sesuatu” yang kurang dari segi sikap atau personality.

Cara menjadi pribadi yang menyenangkan dan menarik merupakan sesuatu yang dapat dipelajari, berbeda dengan kecantikan atau kepandaian seseorang yang hakikatnya adalah anugrah dari Tuhan. Oleh sebab itu, setiap orang termasuk Anda juga dapat mempelajari tips dan cara berikut ini agar menjadi pribadi yang menyenangkan.

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara menjadi pribadi yang menyenangkan

1. Sopan Santun
Selalu sopan dan ramah terhadap orang lain adalah modal utama Anda agar menjadi pribadi yang menarik dan menyenangkan. Sopan santun meliputi sikap ramah kita terhadap orang lain. Biasakan untuk melakukan 3S (senyum, salam, dan sapa) ketika Anda bertemu dengan orang lain.

2. Menghormati dan Menghargai
Jika ingin dihormati, maka hormatilah orang lain dan jika ingin dihargai maka hargailah orang lain. Kata-kata tersebut mungkin tidak asing bagi kita, karena memang benar adanya jika ingin menjadi pribadi yang menyenangkan haruslah memperlakukan orang lain dengan penuh rasa hormat dan menghargai karena pada hakikatnya kita adalah sama-sama manusia yang mempunyai perasaan.

Saat Anda menghormati orang lain, berarti Anda belajar untuk memperlakukan orang lain secara adil (menempatkan sesuatu sesuai dengan tempatnya, kebutuhannya dan kepercayaannya) dan sesuai dengan kadar keinginan orang lain tersebut, bukan sesuai dengan kadar keinginan atau kebutuhan Anda. Menghormati dan menghargai orang lain adalah cara menjadi pribadi yang menyenangkan karena didalam prosesnya akan selalu ada penyelesaian yang adil (win-win solution).

3. Peduli
Anda dapat mengasah sikap peduli dengan cara sederhana, yaitu mampu menjadi pendengar yang baik. Memberikan perhatian dan kepedulian kita terhadap orang lain serta memberikan bantuan semampu kita Adalah cara terbaik untuk menjadi orang yang menyenangkan.

4. Percaya diri
Percaya diri dapat meningkatkan tingkat kepercayaan orang lain terhadap Anda. Tidak perlu malu untuk menjadi diri sendiri. Anda dapat membaca tips membangun percaya diri dari catatankecil.com

5. Jujur
Kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimana-mana. Jujur dalam segala hal akan membuat Anda disenangi dan disukai oleh orang lain. Meskipun terkadang kejujuran itu pahit, tetapi dengan berlaku jujur Anda telah melakukan kebenaran dan membuat diri Anda menghargai diri sendiri.

6. Jadilah Bermanfaat
Jadilah bermanfaat untuk orang-orang di sekitar Anda. Dengan begitu orang akan menyukai Anda. Bantulah orang lain dengan menawarkan bantuan terlebih dahulu karena tidak sedikit orang yang merasa mampu untuk menyelesaikan masalah yang sedang dialami. Dan yang paling penting adalah jangan meninggalkan pekerjaan Anda untuk membantu orang lain. Prinsip menolong dan memberikan bantuan adalah Anda telah menolong diri Anda sendiri terlebih dahulu. Karena akan terlihat konyol ketika Anda ingin menolong orang yang tenggelam tetapi Anda tidak bisa berenang.

7. Bersikap Dinamis
Dinamis artinya adalah Anda bisa membuka diri dan menyesuaikan diri terhadap perubahan yang ada. Selalu berpikir positif adalah kuncinya untuk mempelajari sikap dinamis ini. Dengan sikap penerimaan Anda dengan perubahan dan lingkungan yang terjadi, Anda akan menjadi pribadi yang menyenangkan bagi orang lain.

8. Bertanggung jawab
Syarat untuk menjadi pribadi yang menyenangkan bagi orang lain Adalah bertanggung jawab.Jadilah orang yang bertanggung jawab karena sikap tanggung jawab berpengaruh besar terhadap pandangan orang sekitar. Bertanggung jawab juga menandakan bahwa Anda adalah pribadi yang dewasa yang siap menanggung segala akibat dari sikap Anda baik itu penghormatan dan penghargaan orang lain terhadap Anda atau kritikan terhadap Anda.

Itulah beberapa tips menjadi pribadi yang menyenangkan bagi orang lain. Teruslah menjadi pembelajar agar setiap harinya Anda menjadi lebih baik dalam bersikap dan bertutur kata. Semoga bermanfaat.

{ 0 comments… add one }

Berikan komentar